Selasa, 12 Oktober 2010

tips mengajak anak shalat

Berikan Contoh Shalat berjama’ah, di rumah atau masjid.
Anak akan mencontoh orang terdekatnya dalam hal-hal religi. Biasakan mengajak anak setiap kali hendak berjamaah, sehingga tumbuh kecintaannya pada shalat berjama’ah. Setelah itu ajaklah untuk belajar al-Qur’an interaktif dengan bahasa yang ringan atau dengan menggunakan metode bercerita.

Biasakan Bangun Pagi,
Kebiasaan bangun pagi, akan menjadi bekal penting bagi anak saat nanti dewasa. Mereka tidak lagi kesulitan untuk bisa menjalankan shalat shubuh, karena sudah terbiasa.

Saat Pergi, ingatkan untuk membawa peralatan Shalat
Dengan mengingatkan membawa peralatan shalat, setidaknya telah menyuruh anak untuk selalu ingat kepada shalat, meski tidak secara langsung.

Ajak untuk berlomba
Ada baiknya untuk memotivasi keluarga, perlu diadakan lomba antar anggota keluarga. Siapa yang paling rajin shalat berjama’ah, maka akan diberikan hadiah oleh semua anggota keluarga. Perlombaan ini sebaiknya berlaku juga untuk orang tua, sehingga anak merasa dihargai.

Jadwalkan mengunjungi masjid atau mushala bersejarah.
Ada baiknya kita sebagai orang tua mengajak untuk pergi wisata sekaligus ibadah di masjid yang mempunyai nilai sejarah. Disamping menambah pengetahuan, juga untuk menumbuhkan minat anak agar mencintai masjid dan mengetahui fungsi-fungsi masjid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar