Jumat, 25 Maret 2011

DOSA-DOSA YANG PELAKUNYA DISIKSA DI DALAM KUBUR

1. Oang yang mengambil al-Quran Tetapi Dia menolaknya dan Tidur Meninggalkan Sholat Wajib
Rosulluloh SAW bersabda : "Kami mendatangi seseorang yang sedang berbaring, dan satu orang yang lainnya sedang berdiri memegang batu, tiba-tiba saja orang tersebut melemparkan batu itu ke kepala orang yang pertama, dia memecahkan kepalanya, kemudian batu tersebut mengelinding ke sini, dia mengikuti batu dan mengambilnya dan tidak kembali lagi sehingga dia pulih seperti semula, kemudian orang tadi kembali dan melakukan apa yang ia lakukan pada kali pertama."

Kemudian di akhir hadits dijelaskan dengan perkataan kedua Malaikat kepada Rosul SAW, yaitu :
Orang yang pertama yang kepalanya dipecahkan dengan batu adalah orang yang mengambil al-Quran tetapi dia menolaknya dan tidur meninggalkan shalat wajib.

Di dalam riwayat lain :"Dia disiksa sampai hari kiamat".

2. Dosa Pembohong

Di dalam hadits Samurah bin Jundab diungkapkan: "Lalu kami pun pergi dan menjumpai seseorang yang berdiri dengan membawa besi yang bengkok ujungnya, kemudian dia datang ke salah satu sisi wajahnya dan merobek rahang mulutnya sampai tengkuk, hidungnya sampai ke tengkuk, dan kedua matanya sampai ke tengkuk pula. Kemudian dia pindah ke sisi yang lain dan melakukan apa yang telah ia lakukan pada kali pertama. Dia tidak berhenti dari sisi tersebut sebelum sisi itu sehat seperti semula, kemudian dia kembali kepadanya dan melakukan apa yang ia lakukan pada kali yang pertama."
Dan diakhir hadits dijelaskan: "Adapun orang yang kamu datangi dirobek rahang mulutnya sampai tengkuk, hidung sampai tengkuk dan kedua matanya sampai tengkuk pula adalah orang yang pergi dari rumahnya pada pagi hari lalu dia melakukan kebohongan setinggi langit."

3. Siksaan Bagi Para Pezina

Di dalam hadits terdahulu di ungkapkan: "Lalu kami pun pergi dan mendatangi sebuah tempat yang serupa dengan tungku api, dan aku mengira bahwa beliau berkata:'Ternyata di dalamnya ada suara gaduh. Lalu kami melihatnya dan ternyata di dalamnya ada sekelompok laki-laki dan perempuan yang telanjang. Tiba-tiba saja datang kepada mereka api dari bawah, yang jika api itu datang, mereka semua berteriak menjerit."

Adapun laki-laki dan perempuan yang ada dalam bangunan tsb, adalah para pezina.

4. Siksaan Bagi Pemakan Riba

Di dalam hadits terdahulu diungkapkan :"lalu kami pun pergi ke sebuah sungai. Aku mengira bahwa beliau berkata: 'Merah bagaikan darah. Ternyata di sungai tersebut ada seseorang yang sedang berenang dan di tepi sungai tersebut ada seseorang yang telah mengumpulkan batu yang sangat banyak. Kemudian orang yang mengumpulkan batu tadi datang, lantas membukakan mulut orang yang berenang dan menyuapinya batu, lalu dia berenang dan tak lama kemudian kembali. Setiap kali dia kembali (orang yang di tepi sungai )membukakan mulutnya dan menyuapinya dengan batu.'
Adapun orang yang dimasukkan baatu kedalam mulutnya adalah orang yang memakan riba.

5. Siksaan Bagi Mayit yang Diratapi

Rosulullah SAW bersabda : "Mayit akan disiksa di dalam kubur karena ratapan yang ditujukan kepadanya".

6. Siksaan Terhadap Mayit Disebabkan Sebagian Perkataan Keluarganya

Rosulluloh SAW bersabda :"Tidaklah seseorang meninggal, lalu orang yang menangisinya berdiri dan berkata : 'Wahai pemimpinku, wahai tuanku atau kata-kata yang serupa dengannya, kecuali Allah akan mengutus kepadanya dua Malaikat yang akan memukulnya'`sepertikah anda dahulu?`"

7. Siksaan Bagi Orang yang Mengadu Domba

Diriwayatkan dari Ibnu 'Abbas, beliau berkata: "Nabi SAW lewat di sebuah kebun dari perkebunan Makkah (atau Madinah), lalu beliau mendengar suara dua manusia yang sedang disiksa di dalam kuburnya. Nabi bersabda:'Mereka berdua disiksa padahal mereka bukan disiksa karena melakukan dosa besar.'Setelah itu beliau bersabda:'Tentu saja, karena salah satu di antara mereka tidak berhati-hati ketika buang air kecil(seehingga terkena najis) dan yang lainnya adalah orang yang suka mengadu domba orang lain".
Di dalam riwayat lain Rosululloh SAW bersabda: "Dan yang lainnya tidak bersuci dari air kencing."

8. Siksaan Bagi Orang yang Tidak bersuci atau Berhati-hati Ketika Kencing (Agar tidak terkena najis tanpa Disadari), Sebagaimana yang Diriwayatkan di Dalam Hadits di Atas.

3 komentar: