Minggu, 10 Oktober 2010

DAHSYATNYA SHALAT MALAM

Bismillahirrahmaanirrahiim
Dari Hadits Rasulullah saw :
Diriwayatkan Abu umamah ra, Rasulullah Saw bersabda :
"Hendaklah kalian mengerjakan qiyamul lail, karena qiyamulail itu kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian. sebab qiyamul lail itu mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dari dosa, menghapus kesalahan-kesalahan dan mengusir penyakit dari tubuh." (Diriwayatkan atTirmidzi dan Al Hakim. Al Hakim berkata hadits ini sesuai dengan syarat Al Bukhari. 

Rasulullah bersabda :
Shalat paling utama setelah shalat wajib ialah qiyamul lail. (diriwayatkan Muslim)
Waktu qiyamul lail
  1. Sepertiga malam terakhir.   "Pada setiap malam, Allah SWT turun kelangit dunia. Ketika malam tersisa sepertiga terakhir, Allah berfirman, "Siapa yang berdo'a kepadaKu, lalu aku kabulkan do'anya? siapa yang minta kepadaKu, lalu Aku berikan permintaannya? siapa yang minta ampun kepadaKu, lalu Aku ampuni dia? (Diriwayatkan muslim)
  2. Tidur separuh malam, qiyamul lail di sepertiga malam dan tidur lagi di seperenam malam. Rasulullah bersabda "Shalat yang laing dicintai Allah ialah shalat Nabi Dawud as dan puasa yang paling baik ialah puasa nabi Dawud. Beliau tidur di separoh malam, qiyam (shalat malam) disepertiganya dan tidur lagi di seperenamnya Diriwayatkan Al-Bukhari)
  3. Qiyamul lail sesuai dengan kondisi tubuh.   Diriwayatkan dari Ummu Salamah ra, yang berkata "Rasulullah saw shalat malam, lalu tidur lagi selama waktu yang beliau pakai shalat malam, lalu shalat malam lagi selama waktu yang beliau pakai untuk tidur, lalu tidur lagi selama waktu yang beliau pakai untuk shalat malam hingga shalat subuh (diriwayatkan seluruh penulis sunan Attirmidzi berkata hadist ini hasan shahih)
Raka'at Dalam qiyamul lail
  1. Dua-dua rakat'at   diriwayatkan Rasulullah saw bersabda setelah ditanya tentang tata cara shalat malam, "shalat malam itu dua-dua" (diriwayatkan AlBukhari dan Muslim
  2. Dua raka'at ringan         Diriwayatkan dari Aisyah ra, yang berkata "Jika bangun malam untuk shalat malam, Rasulullah saw mengawali shalat dengan dua raka'at ringan ) Diriwayatkan oleh Muslim
  3. Empat-empat raka'at               Diriwayatkan dari Aisyah ra, yang berkata "Rasulullah saw shalat empat raka'at dan engkau tidak usah bertanya tentang baik dan lamanya keempat raka'at tersebut. Lalu, beliau shalat empat raka'at lagi dan engkau tidak perlu bertanya tentang baik dan lamany  raka'at tersebut. lalu beliau shalat tiga raka'at (diriwayatkan AlBukhari dan Muslim)
Aspek2 yang membantu qiyamul lail
  1. Membaca ayat-ayat dan hadits tentang Qiyamul lail dan mengetahui pahala di sisi Allah SWT bagi orang2 yang Qiyamul lail.
  2. Memikirkan akhreat, kedahsyatannya, jahanam dan tingkatan tingkatannya.
  3. Siapa cinta Allah SWT ia pasti ingin bertemu dengan Nya
  4. Menjauhi dosa-dosa di siang hari
  5. Tidak banyak makan dan minu, karena itu membuat tidur dan gagal qiyamul lail
  6. Tidak terlalu melelahkan diri di siang hari, karena badan lelah itu mudah tidur.
  7. Hati anda tidak lengket dengan dunia dan perhiasannya. Sebagai gantinya anda mengalihkannya untuk memikirkan surga dan kenikmatannya.

Marilah kita sama2 mencobanya....!??? ok!!?? InsyaAllah.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar